Jumat, 25 Oktober 2019

Ingat Entrostop Bila Diare

Kali ini aku ingin membahas penyakit diare pada anak. Pada hari Kamis, 17 Oktober 2019, aku mendapat kesempatan untuk berkunjung ke daerah Rangkasbitung Barat, Banten. Pertama ke SDN 4 Rangkasbitung Barat untuk mengedukasi anak-anak tentang bahaya penyakit diare, budaya mencuci tangan & menjaga kebersihan lingkungan, serta mengurangi penggunaan sampah plastik. Kedua ke Kantor Kecamatan Rangkasbitung Barat yang dihadiri oleh 100 orang ibu-ibu dengan mengedukasi pengobatan diare secara mandiri di rumah.


Pada saat sampai di SDN Rangkasbitung Barat, aku terpana dengan adanya CSR Drinking Water Program yang telah dilakukan oleh Entrostop Herbal Anak, bahkan UKSnya didesign dengan dominan warna jingga sesuai warna kemasan Entrostop Herbal Anak. Jadi Drinking Program Water ini menggunakan alat seperti dispenser, bagian atas air mentah yang difilter menjadi air siap minum dan ini sudah ada penelitiannya bahwa air tidak mengandung bakteri e-coli dan layak untuk diminum.


Tidak berapa lama, anak-anak kelas 4 SD berkumpul di ruang UKS untuk mendengarkan penyuluhan tentang bahaya & pencegahan penyakit diare, serta bahayanya sampah plastik yang dapat merusak lingkungan, akhir sesi anak-anak melukis totebag agar dapat mereka pakai ketika berbelanja sehingga tidak menggunakan kantong plastik lagi.



Lanjut ke Kantor Kecamatan Rangkasbitung Barat, adanya talkshow dengan tema Sosialisasi Pengobatan Mandiri Diare dan Air Minum Bersih serta diakhiri dengan workshop membuat kotak P3K dengan bahan ramah lingkungan (reuse & recycle) yang dapat dibawa pulang oleh semua peserta.



Diare adalah mekanisme pertahanan tubuh pada saluran pencernaan kita untuk mengeluarkan racun atau zat yang merugikan. Biasanya ditandai dengan buang air besar dengan tinja cair atau setengah cair (setengah padat), kandungan tinja juga lebih banyak dari biasanya (lebih dari 200g/200cc sehari), dan frekuensi lebih dari tiga kali sehari. Gejalanya disertai dengan demam, mules, lemas, mual, sakit kepala, bahkan muntah.

Penyebab diare antara lain infeksi pada saluran cerna, salah minum obat, makanan/minuman tertentu, gangguan pergerakan saluran cerna. Faktor yang dapat menyebabkan diare yaitu penyebaran kuman, tidak memberikan ASI, kurang asupan gizi, sarana air bersih yang kurang memadai, kurang sadarnya akan kebersihan lingkungan.

Dehidrasi adalah salah satu bahaya diare, suatu keadaan dimana tubuh kekurangan cairan. Tanda-tanda dehidrasi banyak sekali diantaranya selalu merasakan haus, bibir kering, mata cekung, kekenyalan kulit menurun, kesadaran menurun, volume air seni berkurang, berat badan menurun drastis, ubun-ubun cekung (biasanya pada bayi usia <2 bulan).

Upaya menggantikan cairan tubuh yang keluar bersama tinja dengan cairan yang memadai disebut rehidrasi. Cairan rehidrasi oral yang dipakai oleh masyarakat adalah air kelapa, air tajin, ASI, air teh encer, sup wortel, air perasan buah, dan larutan gula garam (LGG).

Pengobatan diare pada anak jika tanpa dehidrasi dapat dilakukan di rumah misalnya pemberian ASI, jika anak tidak diberi ASI maka susu formula tetap diberikan. Apabila diare dengan dehidrasi ringan/sedang bisa dilakukan dengan pemberian oralit pada 4 jam pertama, untuk anak dibawah usia 6 bulan yang tidak diberi ASI, berikan 100-200ml susu selang-seling dengan oralit/cairan gula garam.

Pencegahan diare dapat diajarkan sedini mungkin kepada anak-anak, contohnya :
Mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan
Mengkonsumsi jajanan sehat
Minum air yang bersih dan matang
Menggunakan jamban bersih dan sehat
Olahraga yang teratur
Membuang sampah pada tempatnya
Melakukan kerja bakti baik di rumah, sekolah, lingkungan rumah demi menjaga lingkungan yang bersih
Pengobatan diare dengan dehidrasi derajat berat dapat dilakukan dengan meminum obat diare yang mengandung Adsorben, yaitu obat yang bekerja menyerap racun (taksin) didalam saluran cerna dan obat yang dapat menurunkan pergerakan (motilitas) usus.

Menurut data WHO 2017, diare merupakan penyebab kematian no. 2 pada anak, penyebab 525.000 kematian pada anak ,5 tahun setiap tahunnya, terjadi pada  1.7 milyar anak setiap tahunnya, menyebabkan anak kurang gizi. Bahkan menurut RISKESDAS 2013, 1 dari 7 anak Indonesia mengalami diare, anak-anak Indonesia mengalami diare 2-6x/tahun.

Pertolongan pertama diare pada anak 6-12 tahun :
1. Minum larutan gula garam (oralit) untuk mencegah dehidrasi
2. Minum Entrostop Herbal Anak 1 sachet, 3x sehari
3. Bila diare tidak membaik dalam waktu lebih dari 2 hari, segera berobat ke dokter


Entrostop Herbal Anak mengandung :
1. Ekstrak daun jambu biji
2. Ekstrak daun teh
3. Ekstrak jahe
4. Ekstrak kunyit
Fungsinya : membantu mengatasi diare pada anak dan mengatasi gejala yang menyertainya seperti mules, mual, dan kembung. Entrostop Herbal Anak dalam bentuk sirup dengan rasa jambu biji yang manis dan disukai anak-anak.

Dosis pemakaian :
anak usia 6-12 tahun : 1 sachet 3x sehari
dewasa : 2 sachet 3x sehari
Jangan diberikan pada anak usia dibawah 5 tahun
Tersedia dalam kemasan dus, 6 sachet @10ml
Harga Rp 2.500/sachet. Rp 15.000/box

Entrostop Tablet mengadung Attapulgite dan Pectin, fungsinya untuk mengatasi diare dan gejala yang menyertainya seperti mules dan kembung.

Entrostop bekerja dengan cara :
1. Serap kuman/virus
2. Keluarkan kuman/virus melalui BAB
3. Hentikan diarenya
Dosis pemakaian :
dewasa & anak >12 tahun : 2 tablet setiap setelah BAB *maks. 12 tablet/24 jam
anak-anak 6-12 tahun : 1 tablet setiap setelah BAB *maks, 6 tablet/24 jam
Tersedia dalam kemasan keluarga isi 12 tablet per blister
Harga Rp 7.000/blister. Rp 14.000/box

Pengobatan diare untuk keluarga (dewasa) jangan asal mampet hanya menghentikan diare tetapi tidak mengeluarkan kuman atau virus penyebab diare dari usus. Jika kuman atau virus penyebab diare menetap di usus, maka fungsi saluran cerna menjadi terganggu. Dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan usus dan organ tubuh lainnya.

Untuk info selengkapnya mengenai Entrostop dapat ke website kalbe.co.id

30 komentar:

  1. dulu waktu saya diare, saya minum entrostop dan sekarang sudah ada entrostop anak, jadi tenang karena ada penanganan dini untuk diare :)

    BalasHapus
  2. Dirumah tersedia obant diare anak ini. Bahkan untuk dewasa juga ada.
    Kotak P3K nya tampak unik

    BalasHapus
  3. Ternyata bahan-bahan dari entrostop anak terbuat dari herbal semua yah Bund. Saya baru tau loh. Kalau bahan-bahan herbal gini jadinya tenang ngasih ke anak ya

    BalasHapus
  4. Tiap diare emang selalu inget entrostop, tapi aku malah baru tahu mbak ada entrostop anak, aku pikir hanya untuk dewasa aja.

    BalasHapus
  5. Baru tahu saya kalau sekarang ada entrostop buat anak-anak, bagus nih buat liburan akhir tahun nanti, jaga-jaga buat keponakan, kalau lagi liburan sering asal jajan wkwk

    BalasHapus
  6. Pas diare kemarin, aku juga minum Entrostop ini. Emang pas banget nih obat buat dewasa, apalagi anak-anak.

    BalasHapus
  7. Seruu bangeet acaranya Entrostop. Kasih edukasi soal diare dengan cara menyenangkan. Selama ini kalau diare rata2 langsung dimampetin dengan obat, padahal justru salah yang begitu kan

    BalasHapus
  8. Si kakak dulu sering diare, dan memang jadi harus ekstra menjaga kebersihan dan saya selalu sedia obat diare yang ramah anak di rumah.
    Entrostop anak ini bagus ya. pertolongan pertama banget buat diare.

    Asyik banget bisa ikutan acara kayak gini :)

    BalasHapus
  9. Memang penting nih sedia entrostop anak dirumah, biaa dijadikan pertolongan pertama jika anak terserang diare, baru kemarin anakku tiba2 diare, langsung ku kasih entrostop anak, bersyukur langsung berkurang diarenya.

    BalasHapus
  10. Entrostop anak menolong banget pas anak-anak kena diare. Bagus ni acranya, moga bisa ke sekolah lain yanga ada di indonesia terutama di daerah yang sering ada wabah diarenya.

    BalasHapus
  11. Entrostop abak sangat membantu disaat diare. Jadi pastikan stok dirumah ya mom .

    BalasHapus
  12. Iya, masalah diare ini emang mudah menyerang siapa pun, apalagi anak-anak yang kalau udah main dan pas makan lupa cuci tangan, akibatnya diare deh. Di rumah selalu sedia entrostop juga buat jaga-jaga, kalau-kalau anak-anak tiba-tiba diare.

    BalasHapus
  13. ibuku selalu sedia dan menawarkan entrostop kalau saya diare. ampuh soalnya
    btw aku baru tahu kalau ada entrostop anak. lebih aman untuk lambung si kecil ya

    BalasHapus
  14. Yaoloh Entrostop ini obat diare pertama yang aku kenal karena pengemar sandiwara radio saur Sepuh.Sejak itu kalo diare langsung ke warung bilang mau beli Entrostop

    BalasHapus
  15. Anakku pernah mba Belgie nyobain entrostop anak. Suka dianya karena rasa jambu.

    BalasHapus
  16. Boleh gk entrostop anak untuk usia 2 tahun mom? Soalnya anakku sering bgt diare 😟

    BalasHapus
  17. Diare itu masalah kesehatan yang paling sering dialami masyarakat. Selalu ada sebab. Padahal jika ditangani dengan baik bisa disembuhkan dengan obat atau cara yang tepat. Seerttinya saya harus sedia Entrostop untuk anak di rumah karena masalah diare bisa kapan saja terjadi.

    BalasHapus
  18. Entrostop ini emang bagus ya mom belgie soalnya dia udah ada sejak dari dulu banget yaa...

    BalasHapus
  19. Wah senang ya ada entrostop untuk anak jadi kalau abak diare tinggal kasih deh pasti langsung mampet.

    BalasHapus
  20. Musim penghujan gini sangat penyakit diare amat sangat rentan terjadi pada anak2 di mana-mana ya Mbak. Untung ada Entrostop anak yang siap sedia membantu ibu mengobati anaknya

    BalasHapus
  21. Sudah sejak dahulu kala nih, entrostop selalu ada di dalam bekal ketika bepergian. Jadi pertolongan pertama di kala diare.

    BalasHapus
  22. Wah, kebatulan di rumah saya sedia entrostop anak ini untuk krucil, Mbak Bergie, termasuk yang tablet untuk saya. Soalnya anak-anak memang rentan kena diare. Salah satunya suka melanggar jajan sembarangan di sekolah. Padahal darirumah sudah diwanti-wanti ya. Lalu lainnya, di rumah sudah makanan dijaga, eh.. krucil suka iseng pegang-pegang sembarang. akhirnya lupa cuci tangan pas makan sesuatu. Entrostop selalu ada juga di tas obat saya saat bepergian.

    BalasHapus
  23. Entrostop sudah ada yang untuk anak? Asyik dong. Lebih mudah mengobati anak diare dan lebih menyenangkan. Dulu pernah sekali, memberikan 1/2 Entrostop untuk si tengah saat berusia 10 tahun. Adanya itu....

    BalasHapus
  24. Entrostop jadi andalan banget dari dulu. Sekarang bersyukur banget ya mbak entrostop ada buat anak2. Soalnya kl anak2 yg kena Diare kasian banget, kita yg dewasa aja bakalan gak nyaman banget yaa

    BalasHapus
  25. Anakku pernah diare gtu pas salah makan yang terlalu asem, keknya pas perutnya blm kuat hhe.Wah ternyata sekarang Enterostop ada yang buat anak ya mbak, jadi sebaiknya sedia ini juga di kotak p3k di rumah supaya kalau misla kena diare bisa jadi pertolongan pertama.

    BalasHapus
  26. Baru tahu kalau ada entrostop buat anak2. Selama ini yg pake aku aja pas lagi diare

    BalasHapus
  27. Kapan hari anak saya juga pernah kena diare. Kasian banget, lemes bener gak kayak biasanya. Hmm berarti harus sedia entrostop nih di rumah. Benar-benar baru tahu nih kalau ada yang buat anak juga.

    BalasHapus
  28. musti diinget ini: pengobatan diare untuk keluarga jangan asal mampet hanya menghentikan diare tetapi tidak mengeluarkan kuman atau virus penyebab diare dari usus. Maka konsumsi Entrostop saat diare benar artinya. Apalagi ada yang herbal sekarang. Untuk anak pun ada.Lega!

    BalasHapus
  29. Wah ada untuk anak juga ya mba. Oia bisa untuk umur anak dr usia berapa ya mba. Makasih ya mba infonya nih

    BalasHapus
  30. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus