Senin, 14 Oktober 2019

Hadiri Operet Aku Anak Rusun 2 Yuk

Setelah sukses dengan penampilan tahun 2017 lalu, Operet Aku Anak Rusun hadir kembali dengan judul Selendang Arimbi yang akan diadakan pada Sabtu, 16 November 2018 di Ciputra Artpreneur. Operet Aku Anak Rusun adalah drama musikal seputar kehidupan anak rusun di Jakarta yang diadakan oleh Soundkestra dan Yayasan Waroeng Imaji, atas inisiasi Ibu Veronica Tan dan bertujuan untuk mengembangkan dan memfasilitasi talenta anak rusun di bidang senin musik dan pertunjukkan.


Operet Aku Anak Rusun 'Selendang Arimbi' mengangkat nilai toleransi, solidaritas, semangat mewujudkan mimpi yang disajikan dalam tari dan lagu Indonesia serta melibatkan talenta anak-anak Indonesia dari 3 rusun yang dikoordinasi oleh yayasan nirlaba. Anak-anak ini dilatih oleh para pekerja seni yang mumpuni di bidang drama musikal. Tiket Operet Aku Anak Rusun 'Selendang Arimbi' dapat dibeli mulai tanggal 25 September 2019 di www.akuanakrusun.com. Seluruh hasil penjualan tiket dan keuntungan sponsorship akan dikembalikan untuk pelatihan anak rusun.


Senang sekali, saya dapat undangan untuk menghadiri Konferensi Pers, disini saya dapat melihat pertunjukkan kecil yang nanti akan dipentaskan disana, anak-anak rusun menari, bernyanyi, dan ada juga yang main alat musik. Disini juga hadir para narasumber yaitu :
1. Veronica Tan, Founder Yayasan Waroeng Imaji
2. Vanda Parengkuan, Penulis Naskah Operet Aku Anak Rusun 2
3. Dovieke Angsana, Producer & Artistic Director
4. Rita Dewi Saleh, Stage Director & Choreographer


Ide untuk menggelar operet dengan kisah dan diperankan anak-anak rumah susun ini dikarenakan pengalaman Veronica dalam mengunjungi rumah susun, beliau menemukan banyak hal yang menarik di tempat tersebut. "Pada dasarnya saya menyukai anak-anak. Dalam kunjungan ke berbagai rumah susun, saya melihat betapa anak-anak terlihat tanpa beban dan selalu gembira," ujar Veronica

"Lantas saya berpikir, mengapa tidak memberi mereka kesempatan untuk melakukan sesuatu yang lebih? Selain pendidikan akademis di sekolah, mereja juga bisa mengasah skill lain di rumah susun, salah satunya melalui keterampilan dan seni. Kebetulan, saya menyukai musik. Jadi mengapa tidak membuat drama musikal?" lanjutnya.

Perlu diketahui, anak-anak dari tiga rusunawa tersebut berlatih selama dua bulan untuk bisa tampil dalam operet Selendang Arimbi ini. Awalnya, pelatihan dilakukan di masing-masing rusun. Akan tetapi dalam dua minggu terakhir menjelang pementasan, seluruh pemeran dalam operet ini rutin berlatih bersama di Ancol.

"Konsep Operet Anak Rusun bertujuan untuk memberikan kesempatan pada anak-anak rusun untuk berkreasi di bidang seni. Ternyata banyak anak-anak rusun yang memiliki talenta luar biasa dan masih bisa dikembangkan lagi. Setelah keberhasilan Operet Anak Rusun yang pertama di tahun 2017, kami melihat konsep ini dapat terus dilanjutkan, sehingga tahun ini hadir dengan Operet Anak Rusun 2," tambah Veronica.

"Drama musikal ini dipersembahkan khususnya untuk dua kelompok anak-anak yaitu : anak-anak rusun yang memainkan drama musikal di panggung dan anak-anak lainnya yang menonton pertunjukkan ini. Melalui drama musikal ini, semoga anak-anak bisa belajar berempati pada sesama manusia tanpa memandang perbedaan. Sejak usia dini, belajar tentang bersahabat dalam keberagaman dan belajar untuk pantang putus asa dalam mencapai cita-cita." tambah Vanda, selaku penulis naskah Operet Anak Rusun 2.

Yang membuat saya terkesan, seluruh hasil penjualan tiket dan keuntungan sponsorship akan dikembalikan untuk pelatihan anak rusun. Jadi selain mendapat hiburan tapi juga bisa melakukan aksi sosial. Untuk drama musikal kali ini, ada 3 rusun yang ikut serta yaitu dari Rawa Bebek, Daan Mogot, Pulo Gebang dan mengikutsertakan 130 anak sebagai penari, 12 anak sebagai pemeran inti, dan 40 anak sebagai penyanyi.


Anak-anak tersebut dilatih oleh para pekerja seni yang mumpuni di bidang drama musikal. Akan ada 20 lagu Indonesia yang berbeda dari musikal yang pertama, termasuk lagu anak-anak, tradisional, bahkan lagu-lagu yang dinyanyikan alm. Chrisye dan Koes Plus. Tiket Operet Aku Anak Rusun 'Selendang Arimbi' dapat dibeli mulai tanggal 25 September 2019 di www.akuanakrusun.com Akan ada dua pertunjukkan operet pada Sabtu, 16 November 2019, yaitu pada pukul 14.00 dan 17.30 WIB. Tiket dijual dengan harga :
  • Kelas Diamond Rp 750.000,-
  • Kelas Gold Rp 500.000,-
  • Kelas Silver Rp 350.000,-
Sekian penjelasan ringkasan yang dapat saya jabarkan disini, yang pasti kalau kalian menonton operet Selendang Arimbi pada 16 November nanti, akan bertemu saya. Saya sudah mendapat special ticketnya, tidak sabar menanti drama musikalnya, secara saat Konferensi Pers penampilan yang dipertunjukkan atraktif sekali, membuat saya terharu, semua anak-anak bersemangat untuk menunjukkan bakatnya.

24 komentar:

  1. waktu pas anak2 saya suka sekali operet.
    dulu tiap malam lebaran dan tahun baru suka ada operet anak di tvri...
    hihihi angaktan berapa saya ya nontonnya tvri..

    sukses buat operetnya anak rusun

    BalasHapus
  2. wah ini menginspirasi sekali, calon-calon aktor di masa depan. mudah2an bisa dilirik hollywood, aamiin...

    Salam,
    Clotee

    BalasHapus
  3. bu veronica tan? istrinya pak BTP bukan sih?

    wuaw mahal juga ya tiketnya. tapi pasti sebanding dengan operet yang akan dihasilkan. susah euy mengatur anak kecil, hahaha

    BalasHapus
  4. Asik ya bisa mewujudkannimpian mereka untuk tampil di pangung teater

    BalasHapus
  5. Dulu banget aku pernah nonton operet, jadi pingin nonton langsung deh.. semoga acara seperti rutin diselenggarakan untuk mengajak anak aktif dan percaya diri ya

    BalasHapus
  6. Bagus sekali ini tujuannya diadakan drama musikal ini. Aku belum pernah nonton operet, jadi pengen juga dapet tiket spesialnya.. Ehehe

    BalasHapus
  7. Kegiatannya menarik sekali, Kak. Penting nih buat menunjang kecerdasan dan talenta anak2.

    BalasHapus
  8. Wah.. keren ini, Mbak. Misinya sangat bagus sekali. Ingin mengasa talenta seni anak-anak rusun.
    Dan saya sudah membayangkan operatnya akan bagus, soalnya naskahnya ditulis Mbak Vanda Parengkuan yang sering menangani operat Bobo juga. Mbak vanda kan itu kerjanya di majalah Bobo hehehe.

    Sukses untuk acaranya. Aamin.

    BalasHapus
  9. Ini Veronica Tan alumni istrinya Bpk Ahok ya mbak?
    Inovatif sekali idenya Bu Veronica Tan ini, Mbak. Membayangkan liat drama musikal ini pasti seru nih. Etapi kaget juga ini harga tiketnya lumayan yahh mbak heheee

    BalasHapus
  10. Wah, salut ama yang punya yayasan. Melakukan aksi sosial untuk anak2 yang tinggal di rusun dengan mengembangkan kreatifitas mereka di bidang seni. Pasti seru banget nontonnya, juga dalam proses melatih anak-anaknya. Ide ini bisa dikembangkan di daerah lain.

    BalasHapus
  11. kegiatannya ok nih. Aksi sosial buat anak2 rusun membuat jiwa kreatifitasnya bangkit. walau tinggal di rusun ttp bisa berkembang dengan baik.

    BalasHapus
  12. Ini yang jelas banget faedahnya nih ada kegiatan yang positif menggalang dana dg menggelar operet. Kerennn

    BalasHapus
  13. Kalau yang nulis naskah operetnya Mbak Vanda saya jamin pasti bagus, udah jaminan.
    Etapi, ini digelar 16 Nov 2018 apa 2019 sih? Di atas kok 2018?

    BalasHapus
  14. Keren yaaa.. sesekali harus coba ya nonton operet, hihi maklum blm pernah seumur2. Mgkn sosialisasinya juga tidak luas ya, jd gak dapat info sama sekali

    BalasHapus
  15. Aku juga blm pernah nonton operet hehe. Pastinya selalu senang jika melihat anak2 Indonesia kreatif dan melakukan hal yang bermanfaat untuk sekitar.

    BalasHapus
  16. Aku kayaknya belum pernah nonton operet gitu seumur hidupku ha..ha... Baca ini jadi pengen nonton, tapi.kudu nabung dulu, tiketnya lumayan. Tapi bakal sebanding sih...

    BalasHapus
  17. Acara ini pasti seru banget Mbak... Apalagi yang main anak-anak, dan temanya itu lho... pas banget dengen keadaan saat ini dan keadaan yang akan dialami anak-anak rusun.
    Semoga sukses acaranya... segera sold out dan pentas operet sukses, sehingga anak-anak akan makin semangat.

    BalasHapus
  18. hebaat nya anak anak rusun ya mbaak, pengen nonton deh melihat hasil kerja keras anak-anak rusun latihan selama ini. semangaat ya para pemain operet aku anak rusun2 .

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Mantap ini mbak. Apalagi mengangkat nilai toleransi, dll. Sehingga secara tidak langsung telah mengajarkan anak untuk bisa bersikap toleransi dll. Pengen deh nonton operetnya, ajak keluarga pasti pada seneng banget

    BalasHapus
  21. Aku belum pernah nonton pertunjukan semacam ini. Tapi bisa dibayangkan keseruan operetnya kalau yang main anak anak gini

    BalasHapus
  22. Bu Veronika ini yang mantan istri Ahok kan ya mbak?
    Menarik juga ya semacam ngajak anak2 dr rusun masuk klub trus diajari berakting lewat operet. Jadi pertunjukan mereka ini rutin atau bagaimana ya mbak? Sering jg diundang ke acara2 tertentu gtu juga kali ya?

    BalasHapus
  23. Keren nih anak2 rusun juga berbakat membuat pertunjukkan, apalagi tempat pertunjukkannya juga yang selalu mengadakan pertunjukan2 terbesar.

    BalasHapus
  24. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus