Senin, 02 September 2019

Launching PRAJA 2019

Pada hari Rabu, 28 Agustus 2019 launchingnya PRAJA 2019 di JW Marriott, Jakarta. PRAJA adalah kompetisi jurnalistik mengenai koperasi dan kewirausahaan. Rully Indrawan memberikan apresiasi atas peluncuran ini selaku Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM.


"Saya sebagai seorang akademisi sangat mendukung ajang lomba penulisan seperti ini, apalagi, menyangkut koperasi dan kewirausahaan agar para generasi milenial bisa membaca, kemudian memahami dan menekuni dunia koperasi", ujar Rully yang dipilih menjadi ketua Dewan Juri PRAJA 2019.

"Saat ini sudah banyak anak-anak muda kreatif yang sudah berkecimpung di dunia koperasi, saya optimis ke depannya, koperasi makin diminati kalangan generasi milenial, koperasi tidak lagi hanya bercirikan berbentuk badan hukum koperasi, namun harus dikembangkan dalam spirit kolaborasi yang menjadi pondasi perubahan model bisnis yang sedang terjadi saat ini yakni Ekonomi Kolaborasi", ujar Rully.

Chairman Multi Inti Sarana (MIS) Group Tedy Agustiansjah menyatakan, saat ini revolusi industri 4.0 menuntut setiap badan usaha mampu mengikuti perkembangan. Revolusi terjadi dengan fokus pada Internet of Things (IoT) dan Artificial Intellegence (AI). Oleh karena itu, diperlukan gebrakan untuk mendorong kalangan milenial memberikan terobosan baru di dunia koperasi dan bisnis model yang memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usaha kedepannya.

"Kami percaya bahwa koperasi akan selalu menjadi pilar ekonomi bangsa Indonesia. Bahkan, saat ini terasa sangat relevan dengan esensi bisnis zaman now, yaitu Ekonomi Kolaborasi. Oleh karena itu, menjadi sangat strategis untuk bisa memahami dan menempatkan koperasi dalam konteks tantangan kekinian dengan melakukan transformasi organisasi", kata Tedy.

Chief Information Officer MIS & CEO Multi Inti Digital Bisnis (MDB) Subhan Novianda menegaskan, arahan Presiden Joko Widodo yang mendorong kegiatan perekonomian berbasis teknologi (digital economic) harus dijawab dengan mengubah paradigma bisnis jika koperasi masih ingin bertahan dan eksis di era digital. Persaingan bisnis bagaimanapun telah bergeser menjadi kemitraan bisnis, dimana peluang bisnis digarap melalui kemitraan yang mengedepankan value chain.

"Koperasi di era industri 4.0 harus memiliki website atau aplikasi yang memudahkan anggota dan pengurusnya saling berhubungan. Pelayanan kepada anggotanya dilakukan secara online. Pembelian barang, peminjaman, cek SHU, dan sebagainya saatnya dipermudah dengan layanan online", kata Subroto, anggota Dewan Juri PRAJA 2019.

"MDB mengembangkan aplikasi finansial bagi koperasi secara online bernama coopRASI. Melalui aplikasi ini, anggota dapat melihat simpanan, pinjaman, hingga Sisa Hasil Usaha (SHU) melalui smartphone. Diharapkan dengan aplikasi ini, operasional koperasi dapat dilakukan secara digital dan praktis.


Tahun lalu, PRAJA 2018 sukses dengan menghasilkan lebih dari 400 karya jurnalistik dari puluhan media massa di Indonesia yang diinisiasi oleh Multi Inti Sarana Group (MIS Group), sebuah kelompok usaha yang juga memiliki komitmen mendorong tumbuhnya koperasi digital di Indonesia.

Kini kompetisi PRAJA 2019 hadir kembali untuk :

  1. Menjadi jendela informasi dan inspirasi gerakan perkoperasian di Indonesia dalam merespons proses transformasi ekonomi di Indonesia
  2. Menyuguhkan sisi bisnis positif koperasi yang selama ini luput dari pengamatan masyarakat
  3. Bagi generasi milenial, koperasi bisa menjadi alternatif terhadap pertumbuhan iklim bisnis yang baru
Pada ajang kompetisi PRAJA 2019 terdapat 5 kategori yang dikompetisikan, yaitu :
  1. Karya Tulis Jurnalistik
  2. Karya Foto Jurnalistik
  3. Karya Video Kreatif
  4. Karya Tulis Blog
  5. Ide Bisnis Koperasi
Karya yang diikutsertakan harus sudah dipublikasikan di media massa/ media sosial peserta selama periode 1 November 2018 - 20 Oktober 2019. Pendaftaran dan pengiriman karya dimulai sejak 28 Agustus - 22 Oktober 2019 melalui microsite praja2019.multiintisarana.com

Pemenang kompetisi PRAJA 2019 yang berhadiah total mencapai 204 juta rupiah akan diumumkan melalui akun sosial media PRAJA 2019, yaitu :
Dewan Juri PRAJA 2019 terdiri dari :
  1. Prof. Dr. Rully Indrawan - Sekretaris Kementerian Koperasi & Usaha Kecil dan Menengah RI
  2. Asnil Bambani - Ketua AJI Jakarta & Redaktur Tabloid Kontan
  3. Hariyanto Boejl - Kepala Divisi Foto dan Artistik Media Indonesia
  4. Irsyad Muchtar - Pakar Koperasi & Pemred Majalah Peluang
  5. Ita Luthfia - Head of Corporate & Marketing Communication MIS Group
  6. M Kh. Rachman - Pakar Koperasi dan Kewirausahaan & CMO Sygma Innovation
  7. Saptono Soemardjo - Senior Photo Editor ANTARA
  8. Sheila Timothy - Produsen Film, Pendiri Lifelike Pictures
  9. Subroto - Redaktur Pelaksana Republika

Malam Penganugerahan PRAJA 2019 akan diadakan pada tanggal 28 November 2019 di The Sultan Hotel Jakarta dan akan disebarkan melalui situs web multiintisarana.com dan media sosial PRAJA MIS Group

62 komentar:

  1. Wah bagus nih..
    Belgie ini mas atau mba ya?

    Ikutankah kompetisinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh mba rupanya, barusan lihat potonya di bawah..

      Maapkeun..

      Hapus
  2. Keren banget nih PRAJA 2019
    Lebih meningkatkan awareness tentang koperasi digital juga yaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Keren banget nih,apa lagi untuk generasi milenial sekarang ini.
    lebih tahu info bagaimana meningkatkan awarenes tentang koperasi digital dizaman sekarang ini

    BalasHapus
  4. Betul banget, agar eksis di era digital, persaingan bisnis bagaimanapun telah bergeser menjadi kemitraan bisnis. Bdw, ini lomba blognya terbuka untuk umum ya?

    BalasHapus
  5. Wah hadiahnya banyak banget ya. Seru nih kompetisinya dan sekaligus meningkatkan awareness generasi muda untuk tahu soal koperasi. Value koperasinya tetep ada tapi sekarang dikemas dalam platform digital. Karena koperasi ini adalah salah satu ciri khas dan hal yang boleh hilang dari kultur masyarakat Indonesia

    BalasHapus
  6. Ini lomba menulisnya bagus sekali, Mbak. Jadi memang mendorong anak muda untuk membuka koperasi dam wirausaha di daerah sendiri. Karena misalnya di desa atau daerah jauh dari kota, pasti butuh koperasi dan usaha yang melibatka masyarakat.

    BalasHapus
  7. Aku juga dapat infonya di instagram tentang lomba video terkait koperasi. Menurutku kalau kaidah kaidah koperasi ini dilaksanakan bakalan maju perekonomian di Indonesia.

    BalasHapus
  8. Koperasi makin maju ya, sekarang mengikuti perkembangan jaman dan sudah menggunakan sistem dengan aplikasi yang tersedia. Karna itu harus melibatkan kalangan millenial agar perekonomian Indonesia semakin maju.

    BalasHapus
  9. PRAJA adalah kompetisi jurnalistik mengenai koperasi dan kewirausahaan. Jadi enggak ada singkatannya PRAJA ini ya?
    Keren kompetisinya!

    BalasHapus
  10. Lumayan juga ya total hadiahnya... Ahaha

    BalasHapus
  11. Baru tahu tentang PRAJA ini. Keren ya kompetisinya. Total hadiahnya juga bikin mupeng deh

    BalasHapus
  12. Wah saya baru tahu ada PRAJA.
    Asli kompetisinya kerena banget Mba. Pasti banyak yang pengen ikutan karena hadiahnya lumayan wow.

    Btw.. acaranya pas ultah aku tuh.
    Diundang nggak yah hehe..
    #ngarep

    BalasHapus
  13. aku belum berani ikutan kompetisi jurnalistik, karena kemampuan jurnalistik masih awam. Jelas bakalan kalah jauh sama para senior. Tapi beneran Praja itu bukan singkatan?

    BalasHapus
  14. Wah asik banget lombanya. Di mana dada info pengumuman lomba detailnya. Pengen ikutan juga.

    BalasHapus
  15. Keren ya kak. Sekarang ada aplikasi koperasi yang memudahkan kita untuk mengecek simpanan..

    BalasHapus
  16. Awalnya hampir salah fokus pas baca kata PRAJA, kupikir ada hubungannya dengan dunia kepramukaan. Pas baca artikelnya baru ngeh. Mantap nih programnya, total hadiahnya juga wow

    BalasHapus
  17. Hadiahnya besar ya, jadi pengen ikutan juga. Mumpung masih ada waktu buat ngumpulin bahan dulu..

    BalasHapus
  18. Waduh mba mah gak ajak ajak.. sy kan kuliah jurusan Jurnalistik, lumayan nambah ilmu tau=_=

    BalasHapus
  19. Lombanya menarik banget nih, masih lama deadline-nya, harus cari-cari materi nih

    BalasHapus
  20. Wah ini lombanya masih jalan ya mbak? Wajib ikut nih

    oh iya, selamat atas launching praa. Semoga ini bisa memajukan koperasi kita

    BalasHapus
  21. Keren mas acara dan lombanya ya, semoga dengan adanya Praja ini bisa makin memajukan koperasi kita .
    Mana ada lomba dengan hadiah besar lagi, pingin ikutan jadinya

    BalasHapus
  22. Bagus banget acaranya, terus ada lomba-lombanya juga dengan hadiahnya yang sangat menarik, jadi pengen ikutan juga.

    BalasHapus
  23. Jaman milenial gini, koperasi pun harus ikut meng-update dg jurus2 baru ala milenial..menerapkan kecanggihan teknologi dalaam transaksi ekonominya memang sdh harus dilakukan. Ini bisa meningkatkan kepercayaan anggota, karena data yang disajikan langsung bisa di update dan diketahui secara transparan. Jadi biar bisa tumbuh dan berkembang dengan pesat seperti Bank nantinya..aamiin

    BalasHapus
  24. Ini keren lombanya, makin mengenalkan masyarakat kita akan koperasi. Soalnya anak2 jaman now mana ada yg kenal ama koperasi

    BalasHapus
  25. Kategori yang dilakukan kompetisi kan lumayan banyak ya, ikut semua gpp siapa tahu beruntung semua atau paling nggak salah satu nyangkut jadi pemenang

    BalasHapus
  26. Untung diingatkan lagi lewat tulisan ini. Aku mau ikut yang lomba video dan udah lupa aja mau buat videonya. Untung baca tulisan ini lagi jadi ingat lagi. Terima kasih mbak...

    BalasHapus
  27. Tau lomba ini dari instagram. Pengen ikut kok ya belum semangat bikin tulisan. Ini lombanya keren, hadiahnya juga cukup besar. Semoga bisa ikutan.

    BalasHapus
  28. Keren buanget nih kompetisinya
    Yuk yuk ramaikaannn

    BalasHapus
  29. Keren banget kompetisinya. Jadi mengingatkanku Beberapa bulan waktu yang lalu aku nglamar di salah satu koperasi di daerah bekasi tp gagal. Huhuhu

    BalasHapus
  30. Wah keren banget kompetisinya, jadi pengen ikutan nih Mbak...

    BalasHapus
  31. selamat atas lauching PRAJA 2019, yuk ikutan kompetisinya, hadiahnya bikin mupeng

    BalasHapus
  32. Enggak sabar saya nunggu acara Malam Penganugerahan PRAJA 2019 pada tanggal 28 November 2019 di The Sultan Hotel Jakarta yang juga akan disebarkan melalui situs web multiintisarana com dan media sosial PRAJA MIS Group. Seru pastinya!!

    BalasHapus
  33. Sebagai pengabdi hadiah kontes aku jadi pingin banget ikutan ini juga. Makasih ya mba infonya

    BalasHapus
  34. Melalui ajang seperti ini mudah-mudahan bisa membantu Koperasi menjadi lebih dikenal dijaman sekarang ini.

    BalasHapus
  35. Pertama denger namanya PRAJA, saya pikir ada hubungan sama sekolah kedinasan gitu mba.. Rupanya bukan.
    Dengan ajang kayak gini semoga banyak ditemukan bibit2 wirausahawan yang unggul ya

    BalasHapus
  36. Kirain tadi cuma untuk jurnalis aja, setelah baca dengan teliti ternyata ada kompetisi untuk blog juga. Wahhh, seru nihhh..

    BalasHapus
  37. Wah hadiah lombanya beneran bikin ngiler nih mba. Asik ada buat blog yaa. Semangaat aah :)

    BalasHapus
  38. Total hadiahnya luar biasa yaa...
    Jadi makin semangat ikutan kompetisinya.
    Mengasah kreatifitas anak-anak muda Indonesia.

    BalasHapus
  39. Info bagus ini.. Jadi bisa nyumbang ide untuk kemajuan koperasi. Jadi ingin berpartisipasi juga. Tfs....

    BalasHapus
  40. Hadiahnya buanyak bgt ya, memotivasi supaya peserta kompetisi memberikan yang terbaik, bukan cuma untuk memenangkan kompetisinya aja, tapi supaya informasi yang sampai ke masyarakat juga berkualitas

    BalasHapus
  41. Zaman serba digital ya mbak, mau gak mau semua juga berubah pakai platform digital kalau gak mau ketinggalan. Apalagi koperasi. Untuk menarik minat yang muda2 mau join dan gabung jadi member koperasi ya harus begitu caranya.Wah lombanya msh mayan lama yaaa, hadiahnya mayan, moga bisa ikutan ah. Makasih infonya :D

    BalasHapus
  42. Total hadiahnya banyak juga ya mbak. Mga dengan adanya kompetisi ini makin banyak orang yang semnagat berpartisipasi dalam hal koperasi dan kewirausahaan

    BalasHapus
  43. Bagus ini event-nya. PRAJA ya... Jd para wirusahawan koperasi bs slg share informasi juga soal isu terkini terkait bisnis mereka. Top deh. Tfs Mba Belgie, now I know.

    BalasHapus
  44. Tantangan banget nih bagi yang menggeluti dunia kepenulisan. Semoga semua peserta menghasilkan karya yang berkualitas

    BalasHapus
  45. kok baru tau ya ada acara ini. maasih infonya, mbaaak. aku mau ikuuut ^_^

    BalasHapus
  46. waah semakin inovatif ya dunia Koperasi Indonesia :)dan kompetisi menulisnya menarik

    BalasHapus
  47. Wah keren ya acaranya. Semoga ini juga jadi lanhkah buat koperasi di Indonesia makin maju dan berkembang, khususnya di era industri 4.0 dan serba disrupsi ini

    BalasHapus
  48. Seru banget ini acara praja ini mba belgie banyak ilmu dan wawasan ya terpenting

    BalasHapus
  49. Waahh bagus bgt ini acaranya. SEmoga kompetisi ini bisa diadakan setiap tahun, dan makin tinggi semangat kewirausahan di Indonesia. mau cek lomba2 nya ahh

    BalasHapus
  50. Aku tuh kalo denger atau baca tentang UKM/UMKM/Koperasi selalu pengen usaha tersebut semakin dikenal dan maju seturut berkembangnya jaman menuju Digitalisasi

    BalasHapus
  51. Hadiahnya luar biasa mbak untuk semua kompetisi PRAJA ini, aku mau ikutan hehe, terima kasih informasinya mbak.

    BalasHapus
  52. Makasih ... Infonya menarik. Dan lumayan lama ya tenggang waktunya. Apalagi melihat hadiahnya yang menggiurkan...

    BalasHapus
  53. Langkah yg keren..

    Mengenalkan koperasi kpd generasi penerus

    BalasHapus
  54. Memang harus begitu ya, Koperasi juga harus bisa diakses secara digital supaya tetap dikenal oleh masyarakat.

    BalasHapus
  55. kalau nggak salah tahun kemarin juga ada lomba koperasi ya? makin keren nih koperasi inovasinya buat lebih mengenalkan diri pada pemuda indonesia

    BalasHapus
  56. Lomba dalam bidang literasi seperti ini aku sangat2 mendukung banget lho mba. Pasalnya, tingkat literasi anak-anak muda sekarang tuh malas untuk membaca

    BalasHapus
  57. Makin keren koperasi dan semoga nanti ada koperasi digital yah

    BalasHapus
  58. ini ada kompetisi blognya juga ya kak, langsung cus kepoin instagramnya buat info lomba aah

    BalasHapus
  59. Baru tahu afa koperasi online, makin memudshkan. SiPa saja yang bisa jadi anggotanya?

    BalasHapus
  60. total hadiahnya 204jt, uwow banget ya :D aku baru tau ada koperasi online. cucok banget buat generasi milenial

    BalasHapus