Sabtu, 21 September 2019

Fintektok di Dunia Pendidikan dan Wirausaha

Pada hari Kamis, 19 September 2019 Fintektok mengadakan acara lagi yang artinya sudah ke-9 kalinya, dan kali ini membahas tentang Peranan Fintek di Dunia Pendidikan dan Wirausaha yang berlokasi di Graha Pakuan Siliwangi, Universitas Pakuan Bogor. Walaupun acara di Bogor, tetapi semua orang yang berada diluar Bogor pun juga tetap bisa mengikuti talkshownya dengan cara menonton Live-nya di IG maupun FB FintekMedia.

Acara ini ramai sekali karena terdiri dari beberapa mahasiswa dan para UMKM, tercatat 502 peserta. Beberapa Fintech dan industri di bidang keuangan juga turut hadir, seperti : Cashwagon, Modal Antara, Kredito, Narada Asset Management dan perusahaan Artificial Intelligence atau Al Fineoz. Hadir juga partner kegiatan yaitu Ngampooz, sebuah startup aplikasi informasi dan interaksi kemahasiswaan di Indonesia.


Saya akan membahas detail tentang Cashwagon. Cashwagon merupakan layanan pinjaman uang terbaik di Indonesia untuk pinjaman dana cepat dan online bagi setiap kebutuhan yang mendesak dengan dana cepat hingga Rp. 5.000.000 dalam tempo 180 hari, serta penyaluran dana tunai pada hari yang sama.

Platform penyedia kebutuhan kredit online dan layanan teknologi keuangan sesuai permintaan. Pembiayaan konsumen online dengan memberikan akses ke pinjaman uang tanpa jaminan. Itulah fokus utama Cashwagon. Jangan khawatir, PT. Kas Wagon Indonesia telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia dengan nomor S-5475/NB.111/2017. Sesuai dengan Peraturan OJK Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

Kelebihan Cashwagon adalah :
  1. Cepat (Uang Anda akan ditransfer ke rekening bank Anda pada hari yang sama setelah proses persetujuan selama 20 menit saja)
  2. Mudah (Unduh aplikasi di Play Store, mengisi formulir aplikasi dengan detail info, KTP, dan nomor rekening bank Anda)
  3. Mudah digunakan (Hanya butuh KTP yang valid, rekening bank aktif, berusia antara 20-60 tahun dan pekerjaan saat ini
Aplikasi Cashwagon mengakses :
  • Lokasi
  • Kamera
  • Wifi Informasi Koneksi
  • Lainnya
Untuk info lebih lengkapnya lagi bisa langsung klik ini ya https://p2p.cashwagon.id

Sekarang saya akan membahas tentang talkshownya, narasumber yang hadir adalah
  1. Bpk Wisnu Saputra, selaku Manager Digital Sales dan Marketing dari Cashwagon
  2. Ibu Mariam F Barata, selaku Kementerian Kominfo
  3. Bpk Entri S Djafar dari AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan bersama Indonesia)
  4. Bpk Anis Radianis, selaku CEO Fineoz Indonesia

Pinjaman online sudah banyak sekali, jika Anda pernah menerima sms tapi tidak pernah register, hati-hati karena itu sudah pasti ilegal, tidak terdaftar di OJK. Nah, Fintech ada 2 yaitu, Fintech Payment dan Fintech Landing. Fintech Payment dibawah perlindungan Bank Indonesia, sedangkan Fintech Landing dibawah pengawasan OJK. Contoh Fintech Payment adalah e-money, jelas Bapak Entri.

Edukasi seperti ini penting sekali, kita harus mengenali kredit pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK. Sudah ada 127 fintech legal yang terdaftar di OJK bisa dicek melalui websitenya, tambah Bapak Entri.
Perbedaan antara Cashwagon dengan simpanan pinjam konvensional yang lain yaitu akses kedalam device yang menginstal aplikasi Cashwagon, jelas Bapak Wisnu Saputra, selaku Manager Digital Sales & Marketing Cashwagon.

Ibu Mariam F. Barata, selaku Direktur Tata Kelola Aplikasi Informatika Kemkomunifo juga menambahkan bahwa Fintech itu mendorong untuk meningkatkan perekonomian Indonesia, contoh simpan meminjam dapat dilakukan dengan kecanggihan teknologi. Istilah IT sudah berubah menjadi ICT (Information Communication Technology) karena zaman sekarang sudah bergantung dengan handphone, dompet sudah tidak terlalu penting lagi, jelas Bapak Entri.

"Fintech diatur oleh 2 OJK yaitu OJK 77 & OJK 13. Rata2 Fintech digunakan oleh usia 19-24 tahun, jadi Fintech menjangkau orang-orang yang tidak terjangkau oleh Bank, seperti kaum muda yang millenial. Fintech landing itu diawasi oleh OJK dan terdaftar di AFPI, itu yang paling penting dari kesimpulan dari saya", tegas Bapak Entri.

Sekarang lagi viral, teman yang berhutang, tapi temannya yang ditagih, nah, inilah akibatnya jika meminjam pinjaman uang yang tidak terdaftar di OJK. Kondisi masyarakat Indonesia saat ini yaitu banyaknya UMKM, misal usaha rumahan. Butuh biaya untuk membuka usaha, maka dari itu Fintech menjadi solusi dibandingkan meminjam di Bank dengan syarat yang susah dan berbelit, harus pakai jaminan, jelas Ibu Mariam.

Ibu Mariam juga menjelaskan tentang kewenangan dari pemerintah yang mengatur Fintech yaitu OJK, AFPI, dan Kominfo. Dampak positif dari Fintech yaitu peningkatan ekonomi karena peminjaman sangat mudah, negatifnya adalah banyaknya penipuan di online, ada pula dampak netralnya yaitu terjadinya pergeseran kebudayaan dari tradisional menjadi digital.

Peran kominfo disini yaitu membuat regulasi dengan menyediakan dan menumbuhkembangkan masyarakat sebagai fasilitator dan meningkatkan kapasitas masyarakat khususnya kaum millenial. Traveloka, Gojek, Bukalapak, dan Tokopedia adalah 4 unicorn Indonesia. Semoga akan bertambah lagi dibanding Amerika yang ada 127 unicorn.

Peran Kominfo yakni :
1. Pendaftaran sebagai PSE (Penyelenggara Sertifikat Elektronik)
2. Melalui UU ITE (Informasi Transaksi Elektronik)
3. Perlindungan data pribadi
4. Tentang PSE misal tanda tangan elektronik



Cashwagon adalah solusi mengenai teknologi keuangan untuk masyarakat Indonesia yang menjangkau segmen-segmen baru yang tidak dapat dijangkau oleh Bank. Jumlah customer kami sudah mencapai 350ribu orang. Sebuah platform untuk meminjam uang secara online. Keuntungannya yaitu sangat mudah digunakan, jarang terjadi error, menjamin 40-60menit hingga sampai ke rekening bank peminjam, jelas Bapak Wisnu Saputra.

Keuntungan memberikan pinjaman di Cashwagon :
1. Pendanaan
2. Tingkat penghasilan yang kompetitif

Peran P2P dalam ekonomi di bidang Indonesia :
1. Diskusi keuangan masyarakat
2. Hak Indonesia harus disiasati untuk layanan pembiayaan
3. Terdapat kesenjangan kebudayaan

Disesi terakhir, Bapak Anis Radianis, selaku CEO Fineoz Indonesia mengatakan bahwa Fineoz merupakan industri inovatif Activicial Intelligence (AI) yang dapat mengembangkan kecerdasan robot yang melebihi manusia. Dalam hal ini, keuntungan menggunakan Inovatif AI adalah kecepatan dalam pemrosesan data kreditor bisa dilakukan kurang lebih 1-2menit saja. Yang kedua mesin sangat akurat yang dapat menyetujui kreditor tanpa adanya manipulasi data. AI juga sangat mudah diakses dalam melakukan pinjaman online, begitu juga dengan biaya administrasi lebih murah dibandingkan administrasi bank.

Sekian informasi yang bisa saya sampaikan dari beberapa narasumber, semoga mendapat gambaran tentang isi tema Fintektok yang ke-9 ini ya, sampai bertemu di Fintektok 10. Terima kasih.

33 komentar:

  1. Wah nara sumbernya kece-kece ya, informasi ini baru saya tahu... Semoga sukses terus๐Ÿ˜Š๐Ÿ™

    BalasHapus
  2. Awalnya agak asyik dengar nama Fintektok. Dan teryata informasi sepertiini harus disosialisasikan slalu. SOalnya sedih banyak yang kena jebakan pinjaman online ilegl (

    BalasHapus
  3. Sekarang banyak yang terjerat pinjaman online ilegal membuat orang mikir untuk berurusan dengan pinjaman online lainnya. Info ini setidaknya bermanfaat bagi mereka yang ingin meminjam online.

    BalasHapus
  4. Untung cashwagon udah ada dalam pengawasan OJK ya, jadi lebih terjamin keamanannya kak

    BalasHapus
  5. Semakin banyak pinjaman online gini, baik resmi atau tidak, memang masyarakat harus diedukasi terlebih dahulu biar gak sembarangan memakainya.

    BalasHapus
  6. Ternyata Cashwagon salah satu Fintech yang aman ya..
    Tidak perlu jaminan, dan prosesnya mudah dan cepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener..
      jika mereka mau sosialisasi seperti acara di atas, itu artinya bukan fintech abal-abal kan ya...

      Hapus
  7. narasumber yang hadir sangat bermanfaat untuk bersosialisasi di bidangnya untuk menjelaskan tentang Financia Technologi antara lain :
    Bpk Wisnu Saputra, selaku Manager Digital Sales dan Marketing dari Cashwagon
    Ibu Mariam F Barata, selaku Kementerian Kominfo
    Bpk Entri S Djafar dari AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan bersama Indonesia)
    Bpk Anis Radianis, selaku CEO Fineoz Indonesia

    BalasHapus
  8. Sekarang cari pinjaman semakin mudah dan cepat ya. Yang penting tetap harus bijak menggunakannya. Mengukur kemanpuan diri untuk membayarnya. Dab yang pasti harus memilih yang sudah terdaftar di OJK. Terima kasih infonya..

    BalasHapus
  9. Wah infonya bermanfaat banget apalagi untuk pinjaman online jadi kita tahu pinjaman online yang terdaftar di OJK

    BalasHapus
  10. Pantas aja audiencenya banyak mbak, pembiacaranya emang top itu. Dan aku kira untuk OJK tuh ya 1 badan aja. Ternyata ada 2 ya, jadi teu dehh skrg hhehee
    TFS yahh mas

    BalasHapus
  11. Baru tau nih ada acara menarik di Bogor. Antusiasme pesertanya seru juga. Narasumbernya nggak kaleng² lagi

    BalasHapus
  12. Serem bener emang, orang yang minjem kita yang ditagih padahal orang yang ngutang itu gak kita kenal ya mbak. BTW thanks for sharingnya mbak. Acara keren nih.

    BalasHapus
  13. Jd tau ttg Fintektok ini. Berfaedah banget ya buat mahasiswa. Apalagi mhsw tingkat akhir tu pastinya butuh dana yg lumayan banyak utk biaya riset, turun ke lapangan dll. Tfs yaa Mbak Belgie

    BalasHapus
  14. Pinjol bisa jadi solusi untuk mahasiswa ya.
    Asalkan tetap bijak dlm penggunaannya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  15. Sekarang mau dapatin uang mudah banget ya, tinggal pinjam online aja, dan jangan sembarangan tentunya yang udah resmi dan diawai OJK

    BalasHapus
  16. Zaman dah canggih ya mbk, teknologi jg udh hebat pinjem duit skrg gk repot lg ckup pake hp,gk ribet, gak lama dan gak pake jaminan lg asal terdaftar di ojk bener kan mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, sekarang banyak kemudahan yang kita dapatkan akibat kemajuan teknologi. Tapi kita tetap harus bijak memanfaatnya..

      Hapus
  17. Cash wagon seperti pinjol yang menjamur itu ya mba Belgie. Tapi syukurnya ini terdaftar di ojk.
    Semoga yang ilegal itu cepat musnah ya, soalnya meresahkan sekali,

    BalasHapus
  18. Bener banget, jangan asal pinjam di pinjol. Meski pun sangat mudah, tetap harus hati-hati karena kalau keenakan bunganya bisa berkembang biak. Cash Wagon kalau udah terdaftar di OJK pasti aman

    BalasHapus
  19. Pokoknya harus diinget ya, pinjaman itu harus dibuat untuk kebutuhan produktif bukan konsumtif. Jadi gak cuma sia2 bayar bunganya. Dan harus disiplin dalam membayar.

    BalasHapus
  20. Kalau ada ilmu baru semacam ini saya pengen banget datang, sayang jauh. Untungnya artikel ini membantu sekali, karena jujur nih saya baru tau fintintok dari artikel ini

    BalasHapus
  21. Zaman now memang semakin dimudahkan ya, Mbak. Termasuk adanya pinjaman online. Tapi harus teliti juga. Pilih pinjaman online yang terpercaya. Dan ini sangat aman. Apalagi dengan adanya acara ini, berarti membuktikan pinjaman online legal.

    BalasHapus
  22. Teman yang berhutang, tapi temannya yang ditagih, Duh, banyak nih kek gini
    Inilah akibatnya jika meminjam pinjaman uang yang tidak terdaftar di OJK ya Mbak..Maka sosialisasi dan edukasi Fintektok seperti ini perlu sekali

    BalasHapus
  23. semoga event begini bisa sering diadakan dimana - mana. Tau sendirikan zaman sekarang mudah banget untuk mendapat pinjaman Oo line TAPI bisa bahaya banget kalo ternyata ini bentuk lain dari rentenir

    BalasHapus
  24. Mantap nih narasumbernya, sesuai dengan kapasitasnya.Bicara soal pinjam meminjam, zaman sekarang emang ngeri ngeri sedap. Makanya memang perlu lembaga pinjaman legal dan terpercaya

    BalasHapus
  25. Kalau buat dunia usaha atau UMKM gtu aku sering denger mbak, kalau buat pendidikan baru kali ini tau. Jadi kalau misalnya buat sekolah yang minjem tetep ortunya kan ya? Soalnya kalau mahasiswa kan udah punya KTP sendiri gtu, penasaran sama mekanismenya. Hmmm, tapi apapun itu pinjolnya yg penting emang harus cari yg legal ya...

    BalasHapus
  26. Fintektok ini sdh zerdaftar d OJK ya, jd aman dong. Sekarang suka takut dgn marak nya pinjol yg illegal. Bisa buat bantu biaya pendidikan jg ya ternyata, bagus itu. Buat pelajar yg membutuhkan. Mks info nya mba ..

    BalasHapus
  27. Cashwagon jadi semacam aplikasi pinjaman online ya mba? Bagus banget kalau ada sosialisasi seperti ini jadi masyarakat tahu mana yang kredibel dan mana yang tidak

    BalasHapus
  28. Di era digital seperti sekarang semuanya serba mudah, termasuk pinjam uang juga secara digital, tapi tetap harus waspada.

    BalasHapus
  29. Iya, harus memastikan bahwa pinjol yang dipilih sudah terdaftar di OJK. Jadi lebih aman.
    Saya seram mengikuti penipuan pinjol

    BalasHapus
  30. Waduh... saya sering dapat SMS dari pinjol nih. Gara2 teman ada pinjam uang blm bayar...

    BalasHapus
  31. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus