Minggu, 15 September 2019

KidZania Adalah Dunia Anak

Kali ini saya akan mereview Asyiknya Bermain di KidZania. KidZania adalah sebuah tempat di dalam Pacific Place Mall Jakarta yang berisikan permainan anak yang berusia minimal 4 tahun hingga 16 tahun dengan berbagai profesi yang didesign sebagai kota kecil. Permainannya sangat banyak dan beragam. Di Indonesia hanya ada 1, di negara lain juga ada lho.

Senang sekali saya dapat undangan untuk mengajak anak-anak saya bermain disini karena ada acara dari Allianz. Allianz adalah perusahaan asuransi terkemuka di dunia. Tema yang diangkat adalah Cintai Keluarga Cintai Bumi. Minggu, 1 September 2019 merupakan hari yang bahagia buat anak-anak saya sepertinya.


KidZania dibagi 2 sesi, yaitu sesi 1 pukul 09.00-14.00 dan sesi 2 pukul 15.00-20.00, masing-masing sesi 5 jam. Untuk harga tiketnya bisa cek disini ya https://jakarta.kidzania.com/in-id terbagi menjadi batita, anak, dan dewasa. Ya, dewasa juga bayar ya, tapi worth it sekali lho menurut saya, tidak ada sebuah wahana yang seperti ini di tempat playground lain.

Ketika masuk, kita semua dipakaikan gelang, karena gelang tersebut dipakai untuk bermain didalam. Oh ya, kalau ke KidZania tidak boleh membawa makanan ya, jadi anak-anak harus diisi dulu perutnya, didalam ada juga yang jual makanan, tapi sayang menurutku, waktu bermain 5 jam harus dipakai untuk mencoba semua wahananya, eh tapi pasti tidak bakal cukup secara sangat banyak wahananya apalagi kalau ramai, karena harus mengantri.


Saat kami semua masuk, kami langsung terpesona dengan designnya, banyak sekali tempat buat foto2, hehehe maklum sekarang lagi viral tempat instagramable, setelah itu kami langsung ke Bank BRI untuk menukarkan cek yang tadi diberikan diawal ketika registrasi senilai 50 uang KidZania.


Tidak berapa lama, para peserta disuruh untuk kumpul didepan panggung untuk mendengarkan arahan permainan dari Allianz, seru sekali kami para peserta dibagi 3 tim, kiri, tengah, dan kanan. Dan keluarga saya berada di kiri jadi tim 3 yang ditugaskan untuk mencari Om Ulat (orang yang memakai kostum ulat).


Kami langsung lari cepat-cepat untuk menemui Om Ulat karena akan ada hadiah untuk 8 orang tercepat yang menyelesaikan tantangan dari Om Ulat. Setelah bertemu, kami disuruh memilih 3 permainan sesuai umur anak-anak di standing banner. Karena anak saya berumur 4 & 5 tahun, kami mendapat tugas yang ini.


Kami langsung pergi ke Rumah Sakit karena arahannya yaitu "Menjadi dokter gawat darurat untuk mempelajari menangani keluargamu yang sedang sakit". Anak-anak berbaris dan disuruh memilih kartu untuk berperan menjadi dokter atau pasien. Mereka dipakaikan baju dokter dan diberi stetoskop bagi yang memegang kartu dokter, sedangkan pasien hanya berpura-pura untuk menjadi orang sakit. Tidak berapa lama, semua anak-anak naik mobil Ambulance untuk jalan-jalan mengelilingi kota KidZania.




Setelah selesai jalan-jalan, anak yang menjadi dokter diberikan upah berupa uang KidZania dan melepaskan baju dokternya. Tidak menunggu lama lagi, kami langsung melanjutkan arahan kedua, kami memilih "Menjaga kebersihan bumi dengan membersihkan jendela di kota". Nah, disini anak-anak dipakaikan kostum seperti cleaning service dan naik gondola untuk membersihkan jendela, 1 gondola hanya muat maksimal 3 orang. Setelah selesai, anak-anak diberi upah lagi. Jadi seakan-akan, saya sedang menyuruh anak-anak untuk kerja dan gajinya saya yang pegang. Hehehe


Lanjut ke permainan ketiga, kami memilih "Tempat menata dan menyiapkan pesanan roti bersama keluarga di kota KidZania" jadi kami mencari tempat Bread House karena sepi, hanya anak-anakku saja yang main didalam, ekslusif sekali. Setelah selesai, anak-anak diberi upah lagi, hihihi senangnya.


Sudah selesai 3 tantangan, kami cepat-cepat ke depan panggung utama untuk memberitahukan kami sudah selesai dan semoga menjadi 8 orang tercepat. Sambil menunggu peserta lain selesai, kami izin untuk bermain wahana lainnya, tidak sesuai arahan dari Om Ulat lagi. Dan anakku memilih untuk menjadi mobil pembalap, nah, ini harus buat SIM A dulu baru boleh bermain wahananya. Unik sekali kan? Nanti kartunya boleh dibawa pulang kok, nah, untuk pembuatan SIM harus membayar nih dengan uang KidZania yang sudah kita dapatkan tadi. Jangan lupa lakukan pemeriksaan kesehatan dulu di Hospital Pocari Sweat.


Nah, karena anakku yang perempuan tidak mencapai tinggi 110cm jadi dia tidak bisa bermain jadi pembalap mobil, so, ayahnya mengajaknya ke lantai 2 supaya tidak bosan menunggu. Antriannya cukup panjang karena hanya 6 anak yang bisa masuk kedalam, sedangkan yang mengendarai mobil balap hanya 3 anak, 3 anak yang lain menunggu antrian dengan menonton film balap mobil dan diberi arahan terlebih dahulu. Keren, anakku lengkap dengan kostum pembalap dan helmnya juga, oh ya untuk wahana balap bayar lagi ya dengan uang KidZanianya.


Setelah selesai, saya menyusul ke lantai 2, ternyata di lantai 2 lebih variatif wahananya, karena bisa dibawa pulang apa yang sudah kita buat, contoh membuat mie, disini KidZania bekerjasama dengan Indomie, jadi bagi yang sudah mencoba membuatnya diberikan oleh-oleh 1 bungkus Indomie Goreng dan upah sebagai tanda terima kasih.

Wahana lain yang bisa membawa pulang produk yaitu Tango, buku Sidu, lalu ada juga cara membuat nugget, teh Pucuk, cokelat Silverqueen, dan masih banyak lagi. Oh ya, diatas ada lho tempat bermain untuk anak dibawah 4 tahun, seperti main masak-masakan, puzzle, mainan kayu, dan lainnya. Anakku yang paling bontot 23 bulan suka banget main disini. Bahkan ada juga syuting Dubi-Dubi Dam di RTV, anak-anak jadi artisnya dan mendapatkan upah.



Setelah itu, kami balik ke panggung lagi untuk menanyakan kelanjutan permainan dari Allianz dan ternyata salah satu anakku menang, yeay, dapat voucher belanja & 2 tiket gratis bermain di KidZania lagi, terima kasih Allianz, sukses selalu ya. Sambil menunggu doorprize, kami menukar makanan dahulu, jadi tadi diawal register acara Allianz ini, kami mendapat kupon makanan.


Karena sudah jam makan siang, kami makan dulu karena anak-anak juga sudah lapar, tidak berapa lama, ternyata nomor doorprizeku keluar, yeay, double happynya, kami mendapatkan paket ulang tahun di KidZania untuk 13 anak. Wow, keren sekali ya acaranya, sangat berkesan.

Setelah makan, anak-anak bermain lagi yaitu ke wahana Dulux menjadi Desainer Interior dan dapat kartunya, oh ya setiap masuk kedalam ruangan, orang tua dan anak yang tidak sesuai usianya tidak diperbolehkan masuk ya serta selalu dibatasi maksimal jumlah anak dalam satu ruangan dan diberikan waktu sampai selesai, baru antrian selanjutnya boleh masuk. Jadi secara tidak langsung mengajarkan anak untuk tertib, tidak diperbolehkan orang tuanya yang mengantri lho, harus anaknya tapi boleh kok didampingi.


Singkat cerita, waktu menunjukkan pukul 13.45 yang artinya semua wahana ditutup untuk pembersihan dan para petugasnya istirahat karena akan ada sesi 2 pukul 15.00, mengapa ditutup padahal belum pukul 14.00? Karena ada beberapa wahana yang berdurasi 30 menit didalam, jadi supaya tidak buru-buru, maka ditutup lebih awal.

Disini saya salut, semua petugas membersihkan pintu kacanya, lap meja, menyapu juga lho. Benar-benar bersih dan tertib sekali. Dan sebelum pulang, kami mampir ke Bank BRI untuk menabungkan uang KidZania yang tersisa dan tentunya kami diberikan ATM dong, jadi untuk selanjutnya bisa mengambil ke ATM BRI saja yang ada didalam kota KidZanianya.


Anak-anak diajarkan menabung disini, menabung hasil upah mereka kerja, banyak banget kan pelajaran yang diajarkan di kota KidZania ini? Saya sungguh senang sekali dan merekomendasikan kepada semua orang tua untuk mencoba mengajak anaknya kesini, minimal tinggi 110cm dengan usia 6 tahun, agar semua wahana bisa dimainkan.

Sekian dulu review dari saya, semoga ada gambaran ya kota KidZania itu seperti apa dengan beberapa foto yang saya abadikan. Sebenarnya masih banyak yang anak saya belum mainkan seperti menjadi pemadam kebakaran, dokter gigi, detektif, polisi, dan lain sebagainya karena keterbatasan waktu dan usia juga.

49 komentar:

  1. Anakku kalau diajak ke Kidzania tuh senang banget mba. Bahkan ketagihan dan malas pulang saking asyik main. Hahaha

    BalasHapus
  2. Seru banget ya mba. Mereka bisa bermain tapi dapet banyak banget pelajaran!
    mmulai dari pelajaran disiplin antri, konsep uang dan kerja, mengenal banyak profesi serta bekerja dalam tim.
    Wah keren kidzania..

    BalasHapus
  3. Dari dulu berharap kidzania ada d kotaku. Haha. Ada sih yang mirip-mirip. Tapi tidak selengkap dan konsepnya belum sematang Kidzania

    BalasHapus
  4. Kapan ya, terakhir ajak anak-anak ke Kidzania ... kayaknya 8 tahun yang lalu, waktu si Sulung masih kelas 2 apa 3 SD gitu. Kayaknya sekarang mainnya udah banyak ya

    BalasHapus
  5. Anak2 pasti hepi ya bisa main2 wahana edukatif d Kidzania
    Mupeenggg nih para emak 😆😆😆

    BalasHapus
  6. Main profesi ini bagus untuk perkembangan anak-anak jadi membangun daya kreasi Dan kreatifitas anak.

    BalasHapus
  7. wahhh mupeng de...
    kami udah dua kali ke jakarta, dan keduanya gak sempat main ke situ. padahal dekat dari hotel tempat kami menginap.
    untung anak saya belom paham waktu itu, kalo gak pasti ditagih-tagih terus hihihi...
    semoga ada kesempatan untuk anak-anak saya main ke situ

    BalasHapus
  8. Kalau liat pengalaman temen2 bersama putra putrinya saat ke Kidzania emang seru mbak. Apalagi yg berperan sesuai profesi itu, bisa ngenalin profesi tertentu ke anak.
    Ahhh jadi penasaran sama Kota Kidzania nih hheheee. TFS mbak

    BalasHapus
  9. Kalau masih kecil aku juga mau kaya mereka yang coba-coba. hahaha

    BalasHapus
  10. Ya ampun seru bangettt, saya kok malah pengen ikutan main juga, boleh gak sih 'anak' 29 taun mainan di Kota Kidzania? XD padahal sekarang jga udah bisa ngerjain yang benerannya, tapi kayaknya asyik banget gitu..haha
    Seneng ya mbak dapat dobel-dobel hadiah, apalagi dapat paket ulang tahun itu, bisa buat ngundang 13 anak apa gimana ya?

    BalasHapus
  11. Memberi pengalaman dan pengetahuan lewat permainan ya ini.. Jadi tahu aneka ragam profesi juga. Keren,, kidzania.. Sudah pasti anak-anak betah berlama-lama

    BalasHapus
  12. Mauu ngulang lagi ke Kidzaniaa 😍😍

    Seseru itu, aku sampe pengen ikutan aktivitasnyaa jugaa hihihi.

    BalasHapus
  13. Jaman kita kecil belum ada beginian ya hahaaha mas Barra jg suka banget kl ke KZ, bebas lepas dia hihi

    BalasHapus
  14. Konsep Kidzania ini seru yah... bahagia bgt anak2 main di sini, bermain sambil belajar

    BalasHapus
  15. Pasti seneng banget dong yaa anak-anaknya Mbak Belgie. Ada yang menang dan bs main pagi di Kidzania. Selamat ya.. kegiatan yg sangat² berfaedah

    BalasHapus
  16. Kidzania memang tempat yang paling menyenangkan buat anak-anak. Selain itu sangat mengedukasi juga.

    BalasHapus
  17. Jangankan anak2, aku aja yang udah dewasa mau ke kidzania. Haha. Soalnya menurutku ini wahananya bagus dan mengedukasi.

    BalasHapus
  18. Aku seneng bgt ni, ntar lagi kidzania buka di sby,

    Mupeng lihat setiap ulasan ttg kidzania

    BalasHapus
  19. Seru sekali berada di KidZania ini ya, Mbak.
    Dijamin anak-anak akan heppi. Apalagi di sana beragam profesi tersedia, jadi anak-anak bisa memilih. Dan dari sini, bisa dilihat, anak-anak lebih condong ke bidang apa. Tapi yang pasti, aktivitas di KidZania menyenangkan.

    BalasHapus
  20. Anakku yang kecil waktu ke sana masih belum puas main karena enggak begitu banyak yang bisa dicoba, semoga nanti bisa ke sana lagi :).

    BalasHapus
  21. Dari dulu pengen bawa anak2 ke Kidzania, tapi belum ada kesempatan. Mudah-mudahan Kidzania mau buka di kota Medan,, wkwk. Kalo mau kesana, berarti jangan weekend kali ya mbak. Biar anak2 puas mainnya dan nggak riweuh karena terlalu rame.

    BalasHapus
  22. Teryata selain sebagai arena bermain yang menyenangkan. Tempat itu juga memberikan edukasi bagi si anak ya. Apalagi ada bank tempat nyimpan uang yang didapatkan. Jadi anak bisa sekaligus dibiasakan nabung

    BalasHapus
  23. Murid muridku sering ke Kidzania, sekolahku juga beberapa kali kunjungan ke sini. Cuma aku enggak pernah ikut. Nunggu anakku besar dulu buat main ke sini...

    BalasHapus
  24. Anakku dah jehedean ke sini lagi hihihi. Dulu dah beberapa kali bareng sekolah dan teman-teman mainnya. Kalau rombongan enak harga grup daripada harga per orang. Keren memang mengenallna anak berbagai profesi

    BalasHapus
  25. Banyak banget tantangannya dan anak maininnya dengan happy sambil seru2an yaaa. Kidzania emang surga buat nak2 di sana bisa ketemu banyak teman dan mengenal profesi2 , ortu bisa ngenalin beragam profesi dan pengetahuan lain kepada anak2 di sana.

    BalasHapus
  26. keren banget acaranya, terutama yang naik mobil-mobilan itu. pengen banget bisa berkunjung ke kidzania, pasti pada seneng

    BalasHapus
  27. Dunia anak selalu menggemaskan dan penuh keseruan ya. Apalagi klo lg dicemplungin maen ke Kidzania. Kayaknya saya juga pengen ikutan maen bareng anak2 lainnya

    BalasHapus
  28. Wah, iya, tidak cukup waktu sehari untuk mencoba seluruh permainan di Kidzanis

    BalasHapus
  29. Wih asik banget nih yaaa mbak buat anak-anak. Mereka dapat banyak pelajaran dan pengalaman yg tak terlupakan... Semoga next time bisa Ajak anak-anak kesanna

    BalasHapus
  30. Anakku ngga pernah bosen ke Kidzania, aku jadi mengandalkan Kidzania kalau lagi stuck budget liburan hehehe

    BalasHapus
  31. Asyik banget main di Kidzania. Memang tempat ini cocok banget buat main anak anak .

    BalasHapus
  32. Dari kecil aku kepengen banget main disini. Biar bisa merasakan dunia anak yang penuh cita-cita.

    Semoga jika aku sudah punya anak, bisa ajak anak aku main ke sini nanti*

    BalasHapus
  33. Belum pernah main ke Kidzania. Tapi kalau nanti punya anak mau deh ajak kesini hehehe. Seru dan banyak hal yang bjsa dipelajari anak juga ya

    BalasHapus
  34. Ini sih anak-anak kalau disini betah banget ya, anakku soalnya kalau kesini gak mau pulang. Apalagi disini anak-anak bermain tentang profesi.

    BalasHapus
  35. Pokoknya kalau ke Kidzania, boboknya nyenyak aja udahannya yaa...
    Saking banyaknya kegiatan pretend-play nya...

    BalasHapus
  36. Wuiih tampak hepi banget yaa anak anaknya mom. Tempatku Yang cocok banget buat ajak anak jalan, apalagi merekbisa tau banyak Profesi, pengalaman baru banget buat mereka lah yaa

    BalasHapus
  37. Udah deeeh kalo k Kidzania itu surganya buat anak-anak hepi hepiaaan dan org tua nya jg ikutan hepi sih hihi

    BalasHapus
  38. Kalau ke Kidzania memang ga cukup satu sesi..kurang, karena waktunya terbatas. Tapi anak-anak hepi banget ya pasti

    BalasHapus
  39. Saya ngajak anak ke Kidzania Pacific Place pada tahun 2010. Tapi ketika itu saya ga bisa nemenin karena saya ada acara sendiri. Setelah itu belum kesampaian ke Kidzania lagi.

    BalasHapus
  40. Kidzania Pacific Place memang tempat bermain anak yang sangat menyenangkan

    BalasHapus
  41. pengen banget ajakin anak-anak ke kidzania nungguin gede dulu tapi hehehe soalnya lihat ponakan juga ke sini seru abis mba pastinya menyenangkan banget ke sini

    BalasHapus
  42. Seru ya mbak tempatnya. Kidszania kayaknya bukan hanya tempat yang syik untuk bermain, tetapi juga mendapatkan edukasi positif buat anak-anak

    BalasHapus
  43. Seru banget main ke kidzania, anakku pasti suka bangt main ke sini. Seruu..

    BalasHapus
  44. Bener banget sampai anakku klo ke Kidzania gak mau pulang wkwk. Klo waktunya sudah habis pasti kesal. Karena memang antri, jadi sering belum mencoba..eh waktu sudah closed

    BalasHapus
  45. Belum pernah main ke Kidzania,, kapan ya bisa ajak Azzam main ke sini. Semua permainan yang ada di sini berikan edukasi yang menyenangkan dan menarik bagi anak-anak.

    BalasHapus
  46. Aku belum pernah main ke Kidzania kayak nya seru yah kalo bawa anak2 ke kidzania

    BalasHapus
  47. Kidzania tempat bermain edukasi yang jadi favorit anak-anak. Selain itu petugasnya ramah-ramah lagi jadi bikin anak-anak happy ...

    BalasHapus
  48. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus